Cara Untuk Mempercepat Proses Booting Windows 7 Komputer / Laptop

Kali ini komputerlite akan membahas mengenai Cara Untuk Mempercepat Booting Windows 7. Kenapa windows 7? Bukan windows 8 atau 10 yang baru - baru ini rilis? karena memang, saat ini windows 7 lah sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna komputer. Sebelum lanjut ke pembahasan inti, akan dijelaskan sedikit pengetahuan mengenai booting. Booting sendiri adalah suatu proses yang terjadi saat pertama kali kita menyalakan laptop/komputer sebelum masuk ke sistem operasi. Pada Proses booting inilah terjadi peristiwa memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap semua perangkat dan memori sebelum masuk ke sistem operasi yang dikerjakan oleh BIOS. 

BIOS ini merupakan salah satu perangkat lunak (firmware) yang berfungsi untuk memberi intruksi atau perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem komputer seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard, Mouse, Harddisk, dan perangkat keras lainnya pada saat komputer/laptop mulai booting. 

Sistem operasi windows 7 memiliki beberapa macam versi diantaranya Starter, Ultimate, Professional, Enterprise, Home Basic, dan Home Premium ukuran 32bit dan 64bit yang masing-masing versi memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri. Namun, agar booting windows 7 bekerja dengan cepat, disarankan menggunakan sistem operasi windows yang benar-benar cocok dengan spesifikasi komputer/laptop kalian. Karena jika kalian salah memakai OS yang tidak cocok dengan spesifikasi pc, akan berakibat pada proses booting menjadi lemot serta performa dan kinerja menjadi buruk. 

Penyebab Booting Windows 7 Lelet : 

1. Spesifikasi Komputer tidak cocok atau lebih tepatnya terlalu rendah untuk sistem operasi. 

2. Banyaknya startup yang berjalan saat proses booting. 

3. Disk drive pada system windows 7 penuh. (Usahakan sisakan 20 persen space) 

4. Temporary files yang menumpuk. 

Mempercepat Booting Windows 7 di komputer/laptop dapat kita lakukan dengan mengupgrade hardware laptop/ komputer kalian, atau jika lagi bokek, kalian bisa merubah settingan pada sistem windows 7 semisal menagtur program, setting melalui regedit untuk startup dll. Lebih jelasnya berikut Cara Untuk Mempercepat Booting Windows 7 di komputer/laptop. 

Mempercepat Booting Windows 7 Komputer / Laptop dengan Device Manager 

Cara pertama yang bisa kita gunakan untuk mempercepat booting komputer yaitu dengan setting device manager. Di device manager, Kalian bisa mendisable driver yang tidak digunakan di komputer atau laptop. Dengan mendisable beberapa driver yang sekiranya sudah tidak digunakan akan mempercepat booting, karena jika terlalu banyak driver yang terinstal akan berakibat memperlambat proses booting komputer itu sendiri. Contoh gambar dibawah saya mendisable driver mouse yg tidak digunakan :
Cara Mempercepat Booting Windows 7
Device Manager
Mempercepat Booting Windows 7 Komputer / Laptop dengan Regedit 

Selanjutnya kita bisa memanfaatkan program regedit (registry editor) yang sudah ada pada komputer/laptop untuk mempercepat kinerja booting pada sistem operasi windows 7, Berikut caranya.

1. Tekan tombol windows + r untuk membuka jendela run 

2. Ketik "regedit" – tekan ENTER untuk masuk program registry editor 

3. Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction 

4. Lalu pilih OptimizeComplete – Klik dua kali – Ganti value dari “no” menjadi “yes” nanti akan seperti gambar berikut :
Cara Mempercepat Booting Windows 7
Registry Editor
5. Setelah selesai, tutup program registry editor lalu restart komputer/laptop 

Mempercepat Booting Windows 7 Komputer/Laptop dengan System Configuration 

Cara yang ketiga yaitu menggunakan System Configuration yang sudah ada padi MS Windows atau “msconfig” dengan membukanya lewat jendela run. Di system configuration ini kalian bisa mengatur startup mana yang akan dijalankan atau dimatikan pada saat proses booting. Berikut baca langkah-langkahnya : 

1. Buka Jendela RUN (Windows + R) 

2. Ketik "msconfig" lalu tekan ENTER 

3. Pilih Startup – Pilih program startup yang tidak akan kalian gunakan pada saat booting dengan menghilangkan centangnya. Lihat Gambar dibawah!
Cara Mempercepat Booting Windows 7
System Configuration

4. Matikan / Disable program yang sekiranya tidak ingin ditampilkan, dengan berkurangnya program startup yang berjalan akan membuat proses booting komputer/laptop kalian menjadi cepat. 
Cara Mempercepat Booting Windows 7
Pilih Restart
5. Klik Ok – Restart Komputer/laptop untuk memastikannya. 

Mempercepat Booting Windows 7 Komputer/Laptop dengan Boot Manager 

Pada Cara yang terakhir (keempat) ini, kita akan setting boot manager yang ada pada sistem configuration. Langkah-langkahnya mirip seperti cara yang sebelumnya dengan membuka msconfig, oke berikut langkah-langkahnya : 

1. Buka jendela run (Windows + R) 

2. ketik “msconfig” lalu tekan ENTER 

3. Cara Sebelumnya kita memilih startup, kali ini kita pilih boot – Lihat pada boot option – Contreng “ No GUI boot” lalu ganti timeout dari "30" menjadi “3”

Cara Mempercepat Booting Windows 7

4. Klik Advanced options

Cara Mempercepat Booting Windows 7

5. Pilih dan contreng “Number of processors” ubah menjadi 2 atau 4 (pilih yang paling tinggi), contreng “Maximum memmory” lalu sesuaikan dengan ukuran memori RAM komputer/laptop kalian. 

Cara Mempercepat Booting Windows 7

6. Klik ok lalu coba restart komputer/laptop 

Dengan 4 cara diatas seperti mengatur driver, startup, booting dsb memungkinkan kinerja komputer /l aptop kalian akan menjadi lebih ringan daripada sebelumnya pada saat proses booting. Mungkin cukup segitu cara yang bisa kalian gunakan untuk Mempercepat Booting Windows 7 Komputer / Laptop. Semoga artikel ini bisa berhasil membantu kalian untuk menyelesaikan masalah lambatnya proses booting pada komputer/laptop. Silahkan share artikel ini untuk menambah wawasan dengan teman.

1 Response to "Cara Untuk Mempercepat Proses Booting Windows 7 Komputer / Laptop"

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.