Pengertian Router, Fungsi dan Cara Kerja Router

Sudah lama saya nggak post tentang komputer, hehe maklum lagi sibuk dikit. Oke sob, kali ini saya akan membahas tentang salah satu hardware bernama router. Apa itu router? Pengertian Router : perangkat keras yang biasa digunakkan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer yang sama ataupun yang berbeda. Router ini memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet supaya nanti paket data tersebut sampai pada tujuan.  Proses dimana paket data tersebut telah sampai ke tempat lain atau tujuan disebut dengan Routing.

Router juga terkadang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan yang menggunakan alat/media yang berbeda. seperti halnya dari ethernet menuju token ring. itulah penjelasan sederhana mengenai router. 

Fungsi Router

Router memiliki fungsi untuk membagi atau mengirimkan  alamat IP, baik secara SHCP ( Static Host Configuration Protocol ) maupun secara DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol ) kepada semua komputer yang terhubung dengan router tersebut. Dengan dibaginya IP address setiap komputer yang dilakukan oleh router tersebut memungkinkan setiap komputer akan saling terkoneksi dan melakukan komunikasi, baik pada jaringan Lokal (LAN) ataupun Internet.
Sekarang ini, teknologi router sudah semakin canggih dan maju. Untuk mengirim atau membagi alamat IP kepada setiap komputer dalam suatu jaringan, fungsi router tidak hanya menggunakan sambungan kabel melainkan sekarang ini sudah menggunakan teknologi wireless (tanpa kabel). Dengan menggunakan teknologi wireless kita hanya perlu menggunakan gelombang radio untuk dapat menyambungkan router pada setiap komputer, laptop, gadget, dll sehingga terkesan lebih praktis.

Lalu, bagaimana router bekerja?

Router bekerja dengan cara memberi rute/ arah paket data atau informasi menuju komputer tujuan (Routing). Untuk lebih jelasnya, dengan routing tersebut, router akan mengetahui arah yang akan dituju untuk mengirim informasi ke tujuan, apakah dalam satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang akan dituju terdapat dalam jaringan yang berbeda, maka router akan berperan meneruskan kepada jaringan tersebut. Ataupun jika informasi yang dituju terdapat dalam satu jaringan, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut supaya sampai pada tujuan. Berikut cara kerja router dalam sebuah gambar!

Cara Kerja Router
Cara Kerja Router

Pada ilustrasi di atasa, terdapat 2 buah jaringan yang terhubugn dengan router. Jaringan di sisi kanan terhubung dengan port 2 router yang mempunyai alamat 192.155.2.0 dan jaringan pada sisi kiri terhubung dengan port 1 router yang beralamat 192.160.1.0.
  • Jika komputer A akan mengirim data ke komputer B, maka router tidak akan meneruskan data ke jaringan yang lain (Jaringan Port 2). 
  • Begitupula jika komputer D akan mengirim data ke Komputer E, router tidak akan meneruskan ke jaringan lain (Jaringan Port 1). 
  • Barulah jika komputer D akan mengirim datae ke Komputer C, router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer C.
Demikianlah artikel mengenai Pengertian Router, Fungsi dan Cara Kerja Router , semoga bisa bermanfaat.

3 Responses to "Pengertian Router, Fungsi dan Cara Kerja Router"

  1. artikel yang bagus, bagus untuk referensi anak TKJ.

    ReplyDelete
  2. Mantap nih artikel sangat bermanfaat menambah wawasan.

    ReplyDelete
  3. wah makasih gan, buat tugas jurusan ane nih

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.