Waspada! Inilah Penyebab Komputer/Laptop Cepat Panas

Komputer dan Laptop saat ini merupakan salah satu alat elektronik penting yang berfungsi membantu meringankan pekerjaan manusia. Apalagi di zaman yang serba canggih semakin maju ini, menjadikan komputer/Laptop menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Komputer/Laptop memiliki banyak sekali kegunaan bagi kita semua, diantaranya adalah seperti menulis, menggambar, internetan, mengedit, dan masih banyak lagi. 
Waspada! Inilah Penyebab Komputer/Laptop Cepat Panas
Namun, komputer/Laptop juga bisa mengalami kepanasan atau overheating jika kita terlalu sering menggunakannya. Komputer/Laptop yang panas sebenarnya hal yang lumrah bagi para pengguna komputer, namun kita harus tetap memperhatikannya. Karena jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, akan berdampak buruk bagi baterai dan komponen-komponen didalamnya. Ada beberapa faktor penyebab komputer cepat panas yang pada kesempatan kali ini akan saya rangkum beserta cara menanganinya.

Berikut Faktor Penyebab Komputer/Laptop Cepat panas dan Cara Mengatasinya :

1. Kipas Pendingin Berdebu atau Rusak, kecepatan putar kipas akan menurun akibat debu yang sangat banyak sehingga jika hal tersebut terjadi maka jumlah udara pendingin yang dihasilkan oleh kipaspun akan berkurang sehingga CPU menjadi Kepanasan.

Cara menanganinya bisa dilakukan dengan membuka kipas dan membersihkannya dari debu dan kotoran, pastikan juga kipas masih bisa berputar dengan normal, atau jika tidak (rusak) kamu harus menggantinya dengan yang baru.
2. Terlalu sering digunakan main game non stop, ini merupakan salah satu penyebab cepat panasnya komputer/Laptop. Bermain game yang terlalu lama akan memaksa 3 komponen (Prosesor, VGA, dan Memori RAM) komputer bekerja terus menerus sehingga akan menimbulkan panas yang tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer/laptop mati dengan sendirinya.

Cara untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan menambahkan kipas di bagian belakang CPU yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas yang berada di dalam CPU.

3. Power Supply Bermasalah, jika terjadi kerusakan pada power supply, maka tegangan listrik yang mengalir ke motherboard, atau bahkan semua komponen komputer akan tidak stabil dan hal tersebut akan menyebabkan komponen-komponen tersebut cepat panas, bahkan bisa lebih parah menyebabkan kerusakan.

Cara untuk mengatasinya cukup dengan menggunakan UPS dan Stabilizer supaya tegangan listrik yang mengalir terjaga.

4. Overclock CPU, Jika melakukan Overclocking atau memaksimalkan kerja CPU, otomatis kita memkasimalkan kinerja komponen komputer seperti VGA, Motherboard, CPU,dll. Memang, dengan overcloking menjadikan komputer bekerja lebih optimal. Namun disisi lain hal tersebut dapat menyebabkan komputer cepat panas dan lebih buruk lagi komputer tidak akan berfungsi.

Untuk itu, Jika dengan mengoverclok CPU dapat menyebabkan cepat panasnya komputer, sebaiknya kembalikan settingan seperti seperti semula. 

5. Faktor Processor, cepat panasnya komputer/laptop sobat bergantung pada processor yang digunakan. Ada beberapa perbedaan antara berbagai prosesor yang ada dipasaran, dalam hal ini AMD dan Intel. Processor AMD keluaran terbaru hanya membatasi panas pada CPU hingga 85 derajat celcius, sedangkan intel hanya membatasi panas 72 derajat celsius saja. 

Solusi agar komputer/laptop sobat cepat panas, mungkin dengan membeli processor yang lebih bagus dan berkualitas walaupun agak mengeluarkan modal, tapi yah untuk kebaikan. Haha

6. Posisi Aluminium Heatsink (Pendingin) yang kurang tepat/miring, jangan biarkan posisi Aluminium Heatsink ini tidak menempel dengan benar pada badan prosesor, karena hal tersebut dapat mengakibatkan prosesor cepat panas yang berlanjut pada komputer meti dengan sendirinya.

Nah, untuk mengatasinya jika sobat benar bisa melakukannya dengan Hati-hati, buka Fan (Kipas) diatas prosesor dan periksalah, apakah posisi aluminium heatsink sudah tepat atau tidak. Jika diperlukan, buka aluminium heatsink dan bersihkan pasta pada permukaaan prosesor, selanjutnya oleskan kembali dengan pasta yang baru.

7. Aluminium Heatsink Processor ataupun VGA berdebu/kotor, pastikan heatsink ini sudah bersih dari debu dan kotoran karena debu tersebut dapat menghambat proses pendinginan dari kipas, akibatnya komputer akan cepat panas.

Untuk itu, bersihkan kipas pendingin prosesor dari debu-debu dan kotoran minimal setiap 6 bulan sekali lakukan proses pembersihan.

Nah, Mungkin faktor-faktor diatas yang sering menyebabkan komputer cepat panas. Cukup sekian dari saya semoga bisa bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian, dan tolong bagikan jika menurut sobat artikel ini bermanfaat. Terimakasih

2 Responses to "Waspada! Inilah Penyebab Komputer/Laptop Cepat Panas"

  1. kalo laptop ane pasti overheat kalo dipake main game gan. solusinya gimana yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya dana yang cukup, mending upgrade hardwarenya gan klo gak ya beli lagi hehe..

      Delete

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.