Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Jumpa lagi dengan Komputer Santri Blog, Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dengan sobat sekalian tentang Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tidak Mudah Rusak. Baterai merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai sumber daya listrik laptop.Tentunya, baterai memiliki keterbatasan dalam memberikan somber daya untuk laptop.
Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tidak Mudah Rusak
Cara Merawat Baterai Agar Awet
Biasanya, jika baterai laptop terisi penuh 100 persen, laptop bisa menyala hingga 4 sampai 6 jam secara normal. Namun, jika melakukan aktivitas yang membutuhkan kinerja yang tinggi pada laptop sehingga memakan jumlah RAM yang banyak dan kecepatan Processor yang tinggi, maka daya baterai paling lama hanya bertahan hingga 2 sampai 3 jam. Sebagai contoh dalam hal ini adalah membuka aplikasi berat seperti game.

Baterai laptop juga ada batas waktu pemakaian juga sob. Pada umumnya baterai laptop harus diganti jika sudah dipakai selama 2 sampai 4 tahun, karena tentunya baterai yang sudah berumur/ sering dipakai kinerjanya cenderung menurun sob, jadi lebih baik diganti. Biasanya dalam penggunaan baterai, kita pasti pernah mengalami kerusakan pada baterai seperti baterai hamil/ menggembung dan baterai bocor. Hal tersebut dapat menyebabkan daya baterai cepat habis. Nah, oleh karena itu saya akan berbagi tips Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tidak Mudah Rusak (menggembung/ bocor).

Cara Merawat Baterai Laptop agar Tahan Lama :

1. Pada Umumnya, baterai laptop baru berada dalam kondisi tidak ada daya atau kosong. Sebelum menggunakannya, charge/ isi dahulu baterai selama 4 sampai 8 jam hingga indikator lampu baterai berwarna hijau (100%), setelah itu baru sobat bisa mulai menggunakan laptop.


2. Ada saja kebiasaan saat menggunakan laptop, sering kali kita tidak memperhatikan baterai sehingga sampai kehabisan daya baterai yang menyebabkan laptop sampai mati total. Hal tersebut akan berdampak buruk pada komponen-komponen hardware laptop yang bisa saja dapat mengakibatkan kerusakan bila hal ini tidak diperhatikan. Saran saya, aturlah pada pengaturan baterai agar supaya baterai akan memberi peringatan ketika indikator baterai menunjukkan angka 15%.

3. Sebaiknya cas atau isi daya baterai laptop ketika dalam kondisi mati atau tidak menyala.

4. Jika sobat sedang mengisi baterai dan indikator baterai sudah menunjukkan 100 persen, segeralah cabut dari charger. Karena, ketika hal tersebut tidak dilakukan akan menyebabkan baterai cepat menggembung dan bocor, juga akan berdampak negatif terhadap umur baterai.

5. Mematikan wifi ketika sobat sudah tidak menggunakannya untuk internetan, ini dapat menghemat baterai.

6. Jika sobat ingin baterai lebih hemat dan awet sebaiknya atur setting layar laptop, jangan terlalu terang karena hal tersebut akan menyebabkan daya baterai cepat habis.

7. Gunakan Adapter charger yang asli atau original untuk menghindari kebocoran daya baterai. 

8. Jangan colokkan adapter charger pada terminal yang bercabang banyak. Hal ini dilakukan untuk menghindari tidak stabilnya arus listrik yang mengalir pada laptop.

9. Ketika sobat sedang mendengarkan musik,menonton film, atau menjalankan aplikasi multimedia lainnya sebaiknya gunakan headset. Karena penggunaan speaker lebih cepat menyerap daya baterai dibandingkan menggunakan headset.

Referensi Lain : Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Itulah sedikit tips untuk merawat baterai laptop, cara diatas sudah saya terapkan dan alhasil baterai laptop saya tetap awet hingga tahun ke 3 pemakaian. Oke sob, semoga artikel Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tidak Mudah Rusak ini bisa bermanfaat. Dan jangan lupa untuk share ke teman-teman.

0 Response to "Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet dan Tidak Mudah Rusak"

Post a Comment

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.