5 Fakta Mengenai Virus Komputer

Kali ini gue akan membahas tentang 5 Fakta Mengenai Virus Komputer. Sebelum itu, apakah komputer/ laptop sobat sudah pernah terserang oleh virus? Gue rasa bagi loe-loe pada yang sudah lumayan lama menggunakan komputer pasti pernah mengalami yang namanya terserang virus. Biasanya sih virus menyebar melalui jaringan internet seringnya sih pada website Bokep/ Pornografi, dan website ilegal lainnya. Namun virus juga bisa menyebar melalui file yang sudah terinfeksi.
5 Fakta Mengenai Virus Komputer
Istilah virus komputer pertamakali diperkenalkan oleh Fred Cohen, seorang asisten Professor Universitas Cincinati, Ohio sekaligus seorang peneliti. Cara kerja virus komputer sangat unik yaitu sama seperti virus yang menyerang manusia pada umumnya, mereka menyebar, menginfeksi korban, dan berkembang biak. Untuk mengetahui lebih jauh apa itu pengertian virus komputer, kalian bisa cari di kolom pencarian blog ini.

1. Virus Komputer Pertama

Virus komputer pertama di dunia bernama “ Elk Cloner “. Hebatnya, pembuat virus Elk Cloner ini adalah seorang remaja bernama Rich Skrenta yang baru berusia 15 tahun. Sebenarnya, tujuan Rich menciptakan virus ini adalah guna menjahili teman-teman sekolahnya dengan merusak sistem booting, tetapi malahan yang terjadi semua komputer berjenis Apple II di semua wilayah sekolahnya menjadi error. Waduh, jangan ditiru ya bro! Kan repot, jadinya perlu biaya untuk memperbaiki error tersebut hehe.

2. Kebanyakan virus komputer berbasis Sistem Operasi Windows

Sekitar 95% Virus komputer di dunia ini berbasis Windows, hal ini dikarenakan sistem operasi Windows bisa dibilang paling mudah terserang virus dibanding sistem operasi lainnya. Meskipun di OS Windows sudah dipasang antivirus, namun tidak menjamin biasa terbebas dari serang virus. Loh, kenapa kok bisa gitu? Alasan logisnya adalah karena sistem operasi windows ini sangat laris dan banyak digunakan oleh orang-orang sehingga sering menjadi target para pembuat virus dan orang-orang yang tak bertanggung jawab (Hacking misalnya).

3. Antivirus Pertama di Dunia

Nah, setelah di nomer 1 gue dah jelasin tentang virus komputer pertama, sekarang bakalan gue bahas penangkal virus alias antivirus pertama di dunia. Kira-kira apa yah nama penangkal virus komputer pertama di dunia? Apakah SMADAV? ESET, AVIRA? Dan jawabannya adalah Den Zuk. Yak, nama antivirusnya adalah Den Zuk. Tapi loe tau nggak? Ternyata antivirus Den Zuk atau Den Zuko ini yang menciptakan orang indonesia lho! Gak percaya? Antivirus ini merupakan sebuah karya dari seorang pemuda indonesia asal bandung bernama Denny Yanuar Ramadhani! Wau Warbyazah. (y)
Antivirus ini pertamakali diciptakan tahun 1988 dan diakui oleh IBM ( International Busines Machines ) sebagai antivirus pertama di dunia. Pada awalnya antivirus Den Zuko ini disebut juga sebagai virus, kok gitu? dikarenakan saat menghapus sebuah virus, maka virus tersebut akan digantikan dengan Den Zuko itu sendiri. Tapi karena sifatnya yang tidak merusak seperti virus komputer lain (bersifa baek), Den Zuko ini diakui sebagai antivirus. Paham nggak? Kalau paham yaudah Cuma tanya. :D

4. Virus komputer sulit menyerang komputer berbasis OS Linux. 

Untuk beberapa alasan, memang gue awalnya rada bingung kok bisa ya Linux bisa seaman itu hehe. Tapi menurut temen dan beberapa sumber yang gue dapet, OS Linux memang sangat jarang diserang virus, yah bisa dikatakan virus tidak bisa menyerang OS Linux. Lalu, apa yang membuat Linux menjadi sedemikian kebalnya terhadap virus komputer? Apakah diberi vaksin? Atau ada elemen ghaib? Yuk, daripada tambah ngawur mending simak alesannya dibawah! 

Sistem yang digunakan Linux adalah sistem berkas. Terus apa artinya? Ini bisa bikin virus bingung dan tersesat jika masuk ke sistem linux, berbeda dengan windows yang sistem utamanya sudah kita ketahui, yaitu di Drive C atau virus bisa langsung menyerang System32 pada drive C Windows.

Default user Linux adalah user biasa, tidak root seperti pada windows atau bisa disebut administrator. Hal ini membuat pergerakan virus terbatas, alias tidak mempunyai hak akses penuh.

5. Virus Komputer Paling Berbahaya 

Selanjutnya, bakal gue jelasin tentang virus komputer yang paling berbahaya dari virus komputer yang lainnya. Virus dicap berbahaya berdasarkan cara kerja virus dan kecepatan virus menyebar. Dari beberapa virus di dunia, ada 5 yang menurut gue termasuk paling berbahaya, yuk langsung simak bro! 
  • Sobig F muncul tahun 2003, virus ini menyerang melalui jaringan internet. Virus ini dapat merusak sistem keamanan komputer korban sekaligus virus ini juga dapat menyusup melalui E-mail. 
  • SQL Slammer pertama kali terdeteksi tahun 2003, virus ini menyebar dengan sangat cepat melalui jaringan internet dan menginfeksi banyak komputer. Virus ini pernah tercatat menjadi penyebab rusaknya layanan ATM di Bank Amerika Serikat ditambah penyebab hancurnya layanan 911 Seatle. 
  • My Doom pertamakali muncul tahun 2004, virus ini menyebar ke komputer korban secara acak dengan melalui media e-mail. Dan lebih parahnya lagi, virus ini akan terus menyebar dengan mentransfer ke seluruh alamat e-mail yang ada pada kontak e-mail korban.
  • Confliker muncul tahun 2008 merupakan virus jenis worm. Virus ini paling banyak menyerang sistem operasi Windows XP. Tercatat, worm ini telah berhasil menginfeksi setidaknya sebanya 9 juta PC. Pada akhirnya pihak microsoft mengeluarkan sebuah pintasan untuk menghapus worm tersebut. 
  • Wanna Cry, Beberapa waktu lalu tepatnya bulan tahun 2017 kita semua digemparkan dengan Ransomeware bernama Wanna Cry. Virus ini bekerja menyerang data-data penting suatu perusahaan dengan cara men-encrypt data file sehingga tidak dapat diakses seperti biasanya. Dan supaya bisa diakses, sang pembuat meminta tebusan berupa sejumlah uang (Bitcoin) untuk menebusnya. Wadoo ... ngeri cuy. Ransomeware ini sudah menyerang banyak rumah sakit di dunia termasuk indonesia juga. 

Nah, demikian artikel mengenai 5 Fakta Mengenai Virus Komputer. Sebagai tambahan, alangkah baiknya loe semua supaya selalu memasang antivirus dan selalu update komputer, agar supaya tidak mudah terserang virus dan juga jangan sering mengunjungi situs web yang tidak jelas, karena bisa Setiap pengguna pada Linux memiliki hak akses properti yang berbeda-beda.

4 Responses to "5 Fakta Mengenai Virus Komputer"

  1. Wow, ngeri juga ya. Untung saya belum pernah kena virus berbahasa.

    ReplyDelete
  2. Nakutin ah gan masa bisa virus sampai bahaya gitu

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.