Jenis - Jenis dan Pengertian Bahasa Pemrograman

Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini, Komputer Lite akan Membahas mengenai Jenis – Jenis dan Pengertian Bahasa pemrograman. Di dunia teknologi khususnya di bidang komputer, kita sering mendengar tentang bahasa pemrograman. Sebenernya apa itu bahasa pemrograman? Dan apa kegunaanya?.

Pengertian/ Definisi dari bahasa pemrograman atau dikenal juga bahasa komputer adalah himpunan dari aturan sintaks dan semantic yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Kegunaan/ Tujuan dari pemrograman adalah untuk mengisi suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan pembuat program.

Jenis - Jenis dan Pengertian Bahasa Pemrograman

Berikut ini adalah Penggolongan bahasa pemrograman komputer berdasarkan tingkat kedekatan bahasa dengan mesin komputer.
  • Bahasa Mesin, yaitu bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa biner yang terdiri dari angka 1 dan 0 untuk memberikan perintah pada komputer. Contoh : 01100101100110
  • Bahasa Tingkat Rendah, atau lebih dikenal dengan bahasa rakitan ( Assembly ). Bahasa pemrograman ini memberikan perintah pada komputer menggunakan kode-kode yang singkat ( Kode Mnemonic ), Contoh : SUB, MOV, JMP, JGE, CMP,LOOP, JL, dsb. 
  • Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa pemrograman yang menggunakan campuran intruksi/ perintah dalam kata-kata bahasa manusia. 
  • Bahasa Tingkat Tinggi, bahasa pemrograman yang sudah memakai instruksi dari kata-kata bahasa manusia, contoh : if, else, true, false, end, or, xor, while, dan masih banyak lagi. Sebagian besar bahasa pemrograman saat ini digolongkan sebagai bahasa tingkat tinggi.
Berikut, Jenis-jenis bahasa pemrograman :

1. Bahasa Pemrograman C ( Tingkat Tinggi ) 

Bahasa yang diperuntukkan memprogram jaringan dan sistem komputer, namun bahasa ini sering juga digunakan dalam pengembangan software aplikasi. Bahasa C ini juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer. Bahkan sudah banyak compiler populer yang sudah tersedia untuk bahasa ini. 

2. Bahasa Pemrograman ASP 

ASP ( Active Server Pages ) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan program web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada server web dan merupakan server side scripting. 

3. Bahasa Pemrograman PHP ( Tingkat Tinggi ) 

PHP pertamakali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, Waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted ( FI ), yang bentuknya berupa sekumpulan kode yang digunakan untuk mengolah bentuk data ( data form ) dari web. Seperti ASP, PHP merupakan server side scripting yang bekerja pada server web. 

4. Bahasa Pemrograman Basic ( Tingkat Tinggi ) 

BASIC atau Begginer’s All- purpose Symbolic Instruction Code pertamakali dikembangkan pada tahun 1963 oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz. Bahasa Pemrograman Basic mirip dengan bahasa inggris biasa yang sering digunakan oleh pemrogram dalam menulis berbagai program komputer sederhana yang berfungsi sebagai konsep dasar bagi pembelajaran pemrograman komputer. 

5. MICROSOFT VISUAL BASIC ( Tingkat Tinggi ) 

Visual Basic atau lebih dikenal dengan VB adalah sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environtmen ( IDE ) visual untuk membuat program software berbasis OS Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman ( COM ). VB menawarkan pengembangan software komputer berbasis grafik dengan cepat, Visual Basic merupakan perkembangan dari bahasa pemrograman BASIC.
6. Bahasa Pemrograman JAVA ( Tingkat Tinggi ) 

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer dan telepon genggam. Pemrograman Java bersifat non-spesifik/ umum ( general purpose ) dan secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Bahasa ini pertama kali dibuat oleh James Gosling dan dirilis tahun 1995. 

7. Bahasa Pemrograman JavaScript ( Tingkat Tinggi ) 

Berbeda dengan Bahasa JAVA, JavaScrip ini adalah bahasa scripting yang berjalan pada sisi client. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Netscape. JavaScript sering digunakan untuk pembangunan web browser. 

8. Bahasa Pemrograman PYTHON 

Bahasa Pemrograman Python digunakan untuk berbagai macam keperluan pengembangan software ( perangkat lunak ) dan dapat bahasa ini juga bisa dijalankan di berbagai macam platform sistem operasi seperti Windows, Linux, Apple, dll. 

9. Bahasa Pemrograman RUBY 

Ruby adalah bahasa pemrograman yang berorientasi obyek. Tujuan dari RUBY adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa pemrograma scripting yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar menyerupai Perl dan Python. 

10. Bahasa Pemrograman ColdFusion 

ColdFusion adalah server aplikasi dan framework pengembangan software yang digunakan untuk mengembangkan software komputer, khususnya pada situs web dinamis. 

11. Bahasa Pemrograman SQL ( Tingkat Tinggi ) 

SQL atau kependekan dari Structured Query Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara umumnya dijadikan menjadi bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Sekarang ini, hampir semua server basis data yang mendukung SQL untuk melakukan manajemen datanya. 

12. Bahasa Pemrograman HTML ( Tingkat Tinggi ) 

HTML ( Hypert Text Markup Language ) adalah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website dan menampilkan berbagai informasi seperti tulisan di dalam sebuah web browser internet. 

13. Bahasa Pemrograman CSS 

CSS ( Cascading Style Sheet ) adalah bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markah ( markup ). Umumnya sering CSS digunakan untuk memformat atau memodifikasi halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Tapi, bahasa ini juga dapat digunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk XUL dan SVG. Spesifikiasi CSS diatur oleh W3C ( World Wide Web Consortium ). 

14. Bahasa Pemrograman Perl 

Bahasa pemrograman perl mirip dengan bahasa C. Perl digunakan untuk mesin dengan Sistem Operasi UNIX ( BSD, Linux, SunOS, HP-UX ). Perl juga tersedia untuk sistem operasi seperti Windows, DOS, VMS, EBCDIC, PocketPC, BeOS, dan PowerPC. 

15. Bahasa Pemrograman Delphi ( Tingkat Tinggi ) 

Biasanya delphi lebih sering digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop dan enterprise database, tetapi sebagai sebagai perangkat pengembangan yang bersifat umum ( general purpose ), delphi juga dapat digunakan dalam berbagai jenis proyek pengembangan perangkat lunak. 

Dan masih banyak lagi bahasa pemrograman yang tidak bisa saya jelaskan satu-persatu seperti Visual C++, Smalltalk, XML, WML, CFM, Simula, FORTRAN, ALGOL, dsb. 

Itulah artikel mengenai Jenis - Jenis dan Pengertian Bahasa Pemrograman, semoga bisa bermanfaat dan saya mohon maaf apabila dari penjelasan di atas masih kurang jelas karena saya masih pemula dalam menulis, juga jika dari teman-teman ada yang mau bertanya lebih mengenai bahasa pemrograman, kalian bisa tanyakan di kolom komentar mungkin saya bisa membantu. Sekian, Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 Response to "Jenis - Jenis dan Pengertian Bahasa Pemrograman"

Post a Comment

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.