Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar

Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar - Bagi para pengguna komputer sudah menjadi keharusan untuk merawat komputer mereka dengan baik dan benar. Karena, jika komputer yang kita gunakan tidak dijaga dan dirawat besar kemungkinan komputer akan mudah mengalami kerusakan.

Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk merawat komputer yang baik dan benar. Karena sejatinya, kita sebagai pengguna komputer tidak boleh hanya menggunakan dan memakai komputer tanpa merawat dan menjaganya supaya bisa tetap digunakan.

Berikut Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar, simaklah baik-baik :

1. Bersihkan Motherboard dan Peripheral lain secara rutin

Kita harus serutin mungkin untuk membersihkan perangkat komputer dari debu dan kotoran lainnya. Setidaknya hal ini harus dilakukan kira-kira 5 atau 6 bulan sekali, caranya? Pertama, Buka cashing komputer selanjutnya bersihkan motherboard dan peripheral lain seperti RAM, Video Card, Kipas, Modulator ( Modem ), dll dengan menggunakan sikat halus sampai semua debu dan kotoran lain hilang.

2. Bersihkan Recycle Bin dari file sampah dengan teratur 

File yang telah anda hapus sebenarnya tidak langsung hilang, melainkan dikumpulkan terlebih dahulu di Recycle bin dengan maksud apabila kita masih butuh file tersebut kita bisa mengembalikannya lagi. File sampah yang terus terkumpul di Recycle Bin akan menyita rusang hardisk, sehingga hardisk akan menjadi lambat dalam membaca data. 

Cara untuk menghapus file sampah cukup mudah, Masuk ke windows exploler lalu pilih Recycle Bin atau kamu bisa langsung pilih Recycle bin di desktop > pilih Empty Recycle Bin. Atau bisa juga dengan menggunakan Disk Cleanup : Start > All Programs > Accesories > System Tool > Disk Cleanup > Pilih drive yang akan dibersihkan > Centang Opsi Recycle Bin, Temporary File, Temporary Internet file > Ok.
3. Pasang Kabel Ground 

Terkadang casing komputer nyetrum saat tersentuh. Nah, untuk mengantisipasi masalah tersebut pasanglah kabel ground yang berfungsi untuk menetralkan arus listrik pada casing. Cara pasang kabel Ground : Siapkan Kabel dengan panjang Secukupnya, ujung salah satu kabel dihubungkan dengan Casing CPU sedangkan ujung lainnya ditanam di tanah. 

Dengan begitu, listrik yang mengalir di permukaan casing komputer akan dinetralkan kabel dan disalurkan ke tanah. Memasang kabel Ground juga ini dapat membuat komponen-komponen di dalam komputer kalian tidak mudah rusak dan menjadi tahan lama.

4. Ruang Udara yang Cukup 

Tempatkan komputer kamu di tempat yang sekiranya memiliki ruang udara yang cukup, karena jika komputer ditempatkan di ruangan yang kondisi ruang udara yang kurang baik akan menyebabkan komputer cepat panas. Hal tersebut disebabkan karena sirkulasi udara pada komponen komputer tidak teratur sehingga komputer lebih mudah cepat panas dan jika hal tersebut terus dibiarkan akan menyebabkan komputer cepat rusak.

5. Gunakan UPS/Stabilizer 

Dengan menggunakan UPS dapat mengantisipasi apabila listrik padam secara mendadak yang dapat menyebabkan komputer cepat rusak terutama pada harddisk. Atau kamu bisa menggunakan Stabilizer yang berfungsi untuk mengatur naik turunnya tegangan listrik pada komputer.

6. Defragment Harddisk secara teratur 

Kegunaan dari defragment hardisk sendiri adalah untuk merapikan dan mengurutkan file berdasarkan jenisnya agar supaya mempermudah dalam proses read/write pada komputer, dengan begitu beban kerja komputer kamu akan lebih ringan dan juga akan membuat hardisk lebih awet. 

Cara defragment Hardisk, Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter. CATATAN! Ketika dalam proses defragment harddisk, tidak boleh ada program lain yang berjalan karena akan menyebabkan terganggunya proses defragment ini.

7. Pasang program antivirus dan updatelah secara rutin

Antivirus berfungsi untuk membasmi virus-virus yang ada di komputer. Sebaiknya seringlah kamu untuk mengupdate antivirus supaya ketika ada jenis virus komputer baru, antivirus tersebut bisa langsung mengenalinya.

Virus yang sudah terlanjur menyebar di komputer hanya dapat dibasmi dengan cara install ulang komputer, sedangkan selain install ulang membutuhkan biaya juga akan menyebabkan hardisk cepat rusak jika terlalu sering install ulang.

8. Uninstall atau Hapus program yang tak terpakai 

Uninstallah program yang sudah benar-benar tidak kamu pakai karena hal tersebut hanya membuat penuh ruang harddisk. Ruang harddisk yan penuh akan menyebabkan proses read/write hardisk melambat, jika hal tersebut dibiarkan begitu saja akan menyebabkan beban kerja komputer semakin berat dan hardisk akan lebih cepat mengalami kerusakan. 

Demikian pembahasan mengenai Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar, semoga bisa bermanfaat bagi kalian, Terimakasih.




3 Responses to "Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar"

  1. yang paling jarang saya lakukan biasanya membersihkan recycle bin dan ngerapihin file yang engga kepakai, dan akhirnya komputer suka lelet. perlu di coba nih cara mimin disini

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tips nya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.