Pengertian dan Jenis Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan Komputer mempunyai pengertian mengenai suatu cara untuk menghubungan beberapa atau  banyak komputer  sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terhubung atau terkoneksi. Ada beberapa macam Topologi yang bisa digunakan dalam jaringan komputer diantaranya adalah Topologi bus, ring, star, tree, mesh.

Dari setiap jenis Topologi yang digunakan mempunyai kecepatan pengiriman data, biaya pemasangan, dan kemudahan dalam proses maintenance yang berbeda. Selain itu setiap jenis topologi jaringan komputer memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing.

Berikut komputersantri.blogspot.com akan membahas Pengertian dan Jenis Topologi Jaringan Komputer beserta kekurangan serta kelebihannya.

1. Topologi Bus

Topologi Bus diterapkan dengan menggunakan media fisik berupa kabel Koaksial. Topologi ini tersusun rapi seperti sebuah antrian dan hanya menggunakan satu kabel koaksial dan setiap komputer menggunakan konektor BNC untuk dihubungkan ke kabel dan Kedua ujung dari kabel koaksial harus diakhiri oleh terminator.

Pengertian dan Jenis Topologi Jaringan Komputer

Kekurangan : Kekurangan topologi bus adalah apabila ada masalah atau gangguan pada salah satu komputer maka akan mengganggu komputer yang lain. Topologi ini sangat sulit dalam hal mendeteksi masalah atau gangguan, antrian data sering terjadi, dan Membutuhkan terminator pada kedua sisi kabel utamanya.

Kelebihan : Tidak membutuhkan banyak kabel, hemat biaya pemasangan, dan Proses pemasangan cukup mudah.

2. Topologi Star 

Seperti namanya topologi ini membentuk seperti bintang karena pada topologi ini semua komputer dihubungkan ke sebuah hub atau switch menggunakan kabel UTP, sehingga hub atau switch berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Jika komputer A ingin mengirim data ke Komputer C, maka data akan dikirim ke hub atau switch terlebih dahulu ( tanpa melalui komputer lain ) setelah itu baru dikirim ke komputer C. Topologi jaringan komputer ini paling banyak digunakan karena mempunyai banyak kelebihan.

Pengertian dan Jenis Topologi Jaringan Komputer

Kekurangan : Kekurangan topologi star adalah membutuhkan lebih banyak kabel daripada topologi jaringan bus sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk pemasangan. Selain itu kestabilan jaringan sangat bergantung pada terminal pusat, sehingga jika HUB/ Switch mengalami gangguan maka seluruh jaringan akan terganggu.

Kelebihan : Mudah dipasang dan mudah dalam proses pengkabelan, mudah untuk mendeteksi kesalahan/ gangguan pada komputer, tingkat keamanan data yang tinggi dan masih banyak lagi.

3. Topologi Ring 

Topologi ini menghubungkan setiap komputer ke komputer lain dan seterusnya sampai kembali pada komputer pertama, dan membentuk sebuah lingkaran atau  Ring. Topologi ini bekerja dengan menggunakan token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data. Misalkan Komputer A ingin mengirim data ke Komputer D,  maka data akan melewati komputer B dan komputer C lalu berakhir di komputer Tujuan.

Pengertian dan Jenis Topologi Jaringan Komputer

Kekurangan : kekurangan paling fatal dari topologi ring adalah jika salah satu kabel atau komputer bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu atau bahkan error.

Kelebihan : Kelebihan dari topologi ring adalah proses instalasi dan yang mudah. selain itu penggunaan kabel juga sedikit sehingga bisa menghemat biaya.

4. Topologi Mesh 

Pada topologi Mesh ini antara komputer dengan komputer yang lain akan terhubung dalam jaringan dengan menggunakan kabel tunggal, sehingga proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan atau yang sedang dituju tanpa harus melewati komputer lain maupun switch/ hub.


Kekurangan : kekurangan yang terdapat pada topologi ini sudah sangat jelas, akan memakan sangat banyak biaya karena akan membutuhkan banyak kabel dan di samping itu juga komputer harus memiliki Port Input/Output yang banyak juga , selain itu juga proses instalasi akan sangat rumit.

Kelebihan : kelebihan pada topologi mesh ini adalah proses pengiriman data jauh lebih cepat dan tanpa harus melewati komputer yang lain, jika pada salah komputer mengalami kerusakan tidak akan menggangu komputer yang lain.

5. Topologi Tree

Topologi Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungkan  dengan topologi bus. Jadi, setiap topologi star akan terhubung dengan topologi star yang lain menggunakan topologi bus. biasanya topologi tree terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada di tingkat paling tinggi dapat mengontrol jaringan yang ada di tingkat yang lebih rendah.


Kekurangan : Sudah pasti karena topologi tree adalah gabungan sehingga akan memerlukan banyak kabel . Jika terjadi gangguan pada tingkat jaringan tinggi maka tingkat jaringan yang lebih rendah akan ikut terganggu.

Kelebihan : Topologi Jaringan Tree mudah dalam menemukan suatu kesalahan dan juga mudah dirubah jaringannya jika diperlukan.
Sebenarnya masih ada beberapa topologi jaringan komputer yang ada. Namun, topologi inilah yang paling dasar dan banyak digunakan. kesimpulannya pilihlah topologi jaringan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.  Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan membantu, terimakasih.

6 Responses to "Pengertian dan Jenis Topologi Jaringan Komputer"

  1. wah bagus mas bisa buat ngerjain tugas sekolah nih

    ReplyDelete
  2. kalau ga salah ini materi pelajaran untuk jurusan tkj semester 1 ya min ! , saya bookmark buat nanti apabila ada tugas.

    ReplyDelete
  3. sangat lengkap sekali penjelasan dan materi artikelnya, makasih banyak

    ReplyDelete
  4. mantap gan, ini pelajaran saya waktu SMA, kalau ndak salah ini untuk LAN ya.....
    thanks udh sharing dan mengingatkan aku kembali...

    ReplyDelete
  5. ini ada sangkutannya sama topologi axis yang di iklan itu ya :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.