Intel atau AMD, Manakah yang memiliki performa Terbaik?

Seperti yang sudah dijanjikan pada posting sebelumnya tentang Mengenal Pengertian dan Fungsi Processor komputer, kali ini akan dibahas mengenai perbandingan Intel atau AMD, Manakah yang memiliki performa Terbaik? Kita sebaiknya melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum memilih dan Membeli Laptop/ PC Komputer. Tentunya salah satu hal utama yang harus kita pertimbangkan adalah untuk memilih CPU terbaik dan mulai membahas tentang clock speed, jumlah cores atau inti, tipe socket, dan chipsetnya.

Sampai saat ini Intel dan AMD masih menjadi pilihan para konsumen ketika akan memilih laptop ataupun PC Komputer. Karena hal tersebutlah yang membuat kedua perusahaan tersebut terus bersaing dalam memproduksi dan memperkenalkan produk processor yang diharapkan mampu memikat hati para konsumen sebanyak-banyaknya.

Karena Intel dan AMD terus menerus mengeluarkan produk processor terbaiknya menjadikan konsumen bingung untuk menentukan manakah processor komputer yang terbaik Intel atau AMD? Nah, kamu harus mempertimbangkan untuk memilih prosesor supaya sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Untuk itu simaklah sedikit ulasan mengenai perbandingan Intel dan AMD sebagai berikut.

Intel atau AMD, Manakah yang memiliki performa Terbaik?

Prosesor Intel.

Jika pilihan kalian adalah performa, maka intel bisa menjadi pilihan yang bagus, karena banyak produk gaming unggulan seperti Dell Percision T7610, MSI GT72 Dominator Pro dan Palicomp Hydro-780 menggunakan prosesor – prosesor buatan intel. Namun semua bergantung pada kebutuhan para pengguna. Khusus untuk game, jika kamu mempertimbangkan kecepatan yang lebih baik dan harga yang terjangkau maka AMD lah jawabannya.

Keluarga Intel Core M atau Broadwell tidak dirancang untuk meningkatkan performa pada prosesor single core. Tetapi generasi prosesor intel lebih mengutamakan penghematan baterai pada perangkat sehingga laptop/ PC Komputer bisa dipakai lebih lama dalam sekali pengisian baterai dimana daya baterai bisa hemat hingga 30 persen.

Peningkatan performa yang signifikan bisa dilihat dari segi grafisnya dimana prosesor intel yang terbaru sudah mendukung grafis beresolusi 4K. Beberapa prosesor intel Broadwell sudah ada yang menawarkan teknologi ini sehingga bisa memanjakan pengguna dengan kualitas grafis yang memuaskan.

Berikut Rangkuman Kelebihan Prosesor Intel.

  • Dapat mengatur suhu dalam prosesor ( prosesor otomatis akan mengurangi kecepatan jika mulai memanas ) sehingga suhu menjadi tidak terlalu panas.
  • Sangat populer
  • Pada prosesor High end, Intel unggul dalam hal multimedia.
  • Pipeline intel lebih panjang daripada AMD.
Kekurangan.
  • kecepatan pertukaran data masih kalah dibanding AMD.
  • Lemah dalam hal Grafis, gaming, dan aplikasi 3D.
  • Harga realtif mahal.

Prosesor AMD.

Jika kalian menginginkan prosesor yang memupuni namun keuangan yang terbatas, kalian bisa memilih AMD karena salah satu keunggulan AMD adalah menawarkan overclock yang lebih baik dan harganya yang terjangkau. Di banding dengan intel yang harganya bisa 70 persen lebih mahal dari prosesor AMD. Dengan hadirnya teknologi Enhanced Virus Protection pada prosesor AMD yang memungkinkan prosesor bisa mendeteksi keberadaan virus.

Namun, dari segi performa prosesor AMD lebih cocok digunakan pada PC Komputer dibanding digunakan pada Laptop. Bagi para pecinta game , tidak semua game kompatibel dengan prosesor AMD ini sehingga jumlah game yang bisa dijalankan mungkin sedikit terbatas. Tapi prosesor AMD cendrung lebih mudah panas dibanding Intel,namun masalah tersebut bisa ditangani dengan teknologi pendingin ( ice cooler ) seperti yang digunakan pada produk buatan ASUS.

Berikut kelebihan prosesor AMD.

  • Mempunyai teknologi untuk mendeteksi virus ( Enhanced Virus Protection ).
  • Lalulintas transfer data yang cepat.
  • Harganya murah namun performa tetap bagus.
Kekurangan.
  • kurang terkenal dibanding intel, dikarenakan intel sering mengiklankan produknya sehingga lebih dikenal dibanding AMD.

Secara umum sekarang ini produk intel lebih tenar dan banyak digunakan dibanding AMD. Hal ini lah yang membuat para konsumen lebih memilih intel daripada AMD, mengingat intel memiliki kemampuan penghematan daya baterai sehingga awet dan bisa lebih lama digunakan. Akan tetapi mana yang terbaik semuanya bergantung pada kebutuhan para pengguna.

Demikianlah artikel mengenai perbandingan Intel atau AMD, Manakah yang memiliki performa Terbaik?. Sebenarnya bagus atau tidaknya Intel atau AMD bergantung pada kebutuhan konsumen. Jadi, semua kembali kepada masing - masing pengguna yang terpenting pilihlah prosesor yang sesuai dengan kebutuhan kalian supaya nantinya tidak mengecewakan.

9 Responses to "Intel atau AMD, Manakah yang memiliki performa Terbaik?"

  1. INTEL gann, dari dulu sampai sekarang setia kalau soal processor
    INTEL MASTER RACE...........!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. Saya lebih percaya sama intel, walaupun agak mudah panas...
    Thanks gan untuk sharing nya...

    ReplyDelete
  3. tergantung pemakaian
    game saran pake AMD
    untuk kerja, desain pake Intel lebih oke

    ReplyDelete
  4. saya pakai AMD
    lumayan lah g jelek-jelek banget :D

    ReplyDelete
  5. kalo ane tetap AMD gan, karena prosesornya low profile. dibandingkan kompetitornya.

    ReplyDelete
  6. saya lebih milih intel gan.. soalnya saya bikin aplikasi android pakai android studio kalo pake amd agak susah settingnya, kalo intel tinggal pake aja sehabis instal😁

    ReplyDelete
  7. kalau pendapatku lebih bagus INTEL

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.