Pengertian, Sejarah, dan Jenis-jenis virus Komputer

komputersantri.blogspot.com - Tidak hanya makhluk hidup yang bisa terserang virus, namun komputer juga bisa. Sesuai dengan namanya, Virus Komputer adalah suatu jenis program atau software yang mempunyai kemampuan untuk menggandakan dirinya untuk melumpuhkan dan merusak sistem komputer. Virus komputer ini mempunyai kesamaan dengan virus yang menyerang makhluk hidup pada umumnya, yaitu dapat menyebarkan diri dan bersifat merusak.

Pengertian, Sejarah, dan Jenis-jenis virus Komputer


Pengertian Virus Komputer Secara Umum.

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara memasukkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat disamakan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat membuat pengguna komputer merasa terganggu, karena bersifat merusak data pada dokumen.

Sejarah Ditemukan Virus Pertama kali.

Sejarah pertama kali ditemukannya virus komputer pada tahun 1960 di laboratorium komputer raksasa di dunia, AT & T Bell Laboratory. Pada saat istirahat para ilmuan komputer yang berkerja di laboratorium tersebut membuat sebuah permainan bernama Core War, atau yang bisa disebut perang program. Para ilmuan komputer berlomba membuat suatu program yang bisa digunakan untuk menyerang, memperbaiki dan memusnahkan program lain. Pemenang akan ditentukan berdasarkan jumlah sisa program terbanyak dalam waktu yang sudah ditentukan. Walaupun virus hanya sebuah program, namun virus diciptakan untuk merusak, menginfeksi, dan hal -hal yang berdampak merugikan.

Jenis - Jenis Virus Pada Komputer.


  • Worm – Akan terus menyalin dirinya sendiri pada hardisk. Sehingga membuat sumber daya komputer (Hardisk) menjadi penuh akan worm itu. Sistem Komputer akan menjadi lambat jika terkena virus Worm ini.

  • Trojan – Mengambil data penting  pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada si pembuat virus trojan itu sendiri. 

  • Backdoor – Hampir menyerupai dengan trojan. Namun, Backdoor biasanya menyerupai file yang baik-baik saja. Semisal game.

  • Spyware – Virus yang memantau segala kegiatan komputer yang terinfeksi.

  • Rogue – Merupakan program antivirus palsu dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan menggunakan program antivirus palsu itu sehingga dapat mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Virus rogue juga dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain. 

  • Rootkit – Virus yang bekerja seperti kerja sistem komputer yang biasa saja.

  • Polymorphic virus – Virus yang selalu berubah agar tidak dapat terdeteksi. 

  • Metamorphic virus – Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit ketika dideteksi. 

  • Virus ponsel – Virus yang terdapat di telepon seluler, dan dapat menyebabkan berbagai macam masalah, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.
Demikian artikel mengenai Pengertian, Sejarah, dan Jenis-jenis virus Komputer semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu memasang antivirus supaya komputer kalian bisa lebih terlindungi dari ancaman serangan virus.

5 Responses to "Pengertian, Sejarah, dan Jenis-jenis virus Komputer"

  1. wah, banyak juga virus di dunia ini. perlu diberantas nih.

    ReplyDelete
  2. wah baru tau ane, bahas juga cara virus masuk ke hp tuh gimana ya gan

    ReplyDelete
  3. kalo resomware termasuk virus mana gan?

    ReplyDelete
  4. ada nggak virus yang tidak merugikan ya min??walau bertujuan ny untuk merusak pada sistem

    ReplyDelete
  5. makasih gan atas info artikelnya dan ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang Relevan/ Sesuai dengan Topik yang Dibahas, Terimakasih.